Saturday, November 12, 2016

MESIN TV W-COM SLIM KENA PETIR

Assalamualaikum wr wb

Dapat garapan tv samsung flat slim milik teman yang katanya rusak sehabis ada petir (waduh...mugo-mugo sekring e tok....). Ketika dicoba tampilan seperti berikut:

Dari tampilan dilayar jelas bukan sekring, bisa jadi chromanya ini (sambil kukur kukur, alamat syusyah....)
Gak papalah, dicoba dulu. Buka casing......walah isinya mesin w-com.


Cek semua vcc reg out terukur normal semua, B+ 115v, video 180v, 25v dan 12v ada semua. Dicek lagi teg di ic croma tunggalnya, 8 v ada...5v nya drop jadi cuma 2v. Diurut urut jalur 5v mengarah ke croma dan memory. Coba copot memory gak ada perubahan. Tanpa sengaja mata melirik led indikator kok tidak hidup. Coba copot connector pcb IR dan led indi dan 5v langsung keluar dan layar tv pun bisa membuka normal.






Dicek lagi ternyata sensor IR nya short, menyebabkan teg 5v drop jadi 2v. Setelah penggantian sensor IR, led indikator bisa nyala dan semuanya bekerja normal.
Kalau melihat dari awal tv kena petir, ternyata yang rusak cuma sensor remot, menurut saya tv ini lagi beruntung. Dan satu lagi, kalau anda menemui kerusakan tv mesin cina model slim seperti gambar diatas, langsung saja cek vcc 5v nya.
Alhamdulillah
Semoga bermanfaat
Salam satu jiwa A R E M A.
Wassalam.

No comments:

Post a Comment

LG SLIM 21SL2RD RUSAK BAGIAN HORISONTAL

 Tv LG dengan kerusakan tidak mau start, seperti kurang tegangan. data tv: croma: la76211 hor : c6090 fbt : bsc25-n0329 reg : strw6554a Cek ...